Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN
Keterampilan penguasaan konsep merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran IPA, karena menjadi dasar dalam memahami fenomena alam, berpikir ilmiah, serta mengambil keputusan yang tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan data hasil belajar menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa di SMP Negeri 5 Magelang, khususnya pada materi ekologi dan pelestarian lingkungan, masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh karakter materi yang abstrak, metode pembelajaran yang masih konvensional, serta minimnya penggunaan media yang mendukung pemahaman siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif serta membantu visualisasi konsep secara konkret. Salah satu model yang potensial adalah problem based learning berbantuan augmented reality, yang menyajikan permasalahan nyata dan visualisasi interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan model PBL berbantuan augmented reality untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi ekologi dan pelestarian lingkungan. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 5 Magelang. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidasi dan mencakup taksonomi Bloom level C1–C5. Hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi 0,016 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,50 (kategori sedang), lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0,35 (kategori sedang). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan augmented reality efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi ekologi dan pelestarian lingkungan.
Tidak tersedia versi lain