PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

SITI QOLBIYATUN - Nama Orang;

Berpikir kritis ialah salah satu kemampuan fundamental di abad ke-21 dan penting untuk diasah dalam pengajaran IPA. Namun, faktanya di lapangan, kemampuan ini pada siswa masih di taraf rendah. Faktor yang mempengaruhi salah satunya model pembelajaran yang diterapkan belum berhasil memfasilitasi partisipasi aktif siswa dalam proses berpikir tingkat tinggi. Sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran baru yang mampu merangsang partisipasi aktif dan memajukan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan yang terjadi pada keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design yang meliputi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti melakukan penelitian pada siswa kelas VII SMP N 3 Mertoyudan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest dengan teknik analisis data berupa pengujian Independent Samples TTest dan N-Gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan berpikir kritis meningkat sebesar 0,64 setelah diaplikasikannya model pembelajaran AIR. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dapat diambil kesimpulan bahwa model AIR (Auditory Intellectually Repetition) mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Guru disarankan untuk mengoptimalkan setiap sintaks model AIR, seperti fase auditory melalui pertanyaan yang menggali pemahaman awal siswa, serta menyediakan lembar jawaban tertulis untuk mendorong analisis dan refleksi seluruh siswa. Kegiatan berbasis interpretasi dan presentasi kelompok juga perlu diperluas agar semua indikator keterampilan berpikir kritis dapat berkembang secara proporsional.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA QOL K 2025
68-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA QOL K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;233HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?