Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI ANTICIPATION GUIDES TERINTEGRASI AKTIVITAS ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMP
Kemampuan argumentasi merupakan keterampilan berpikir kritis yang penting dalam pembelajaran sains karena memungkinkan peserta didik mengaitkan antara konsep, bukti, dan alasan secara ilmiah. Namun, hasil survei menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi peserta didik SMP di Indonesia masih rendah. Observasi dan wawancara di SMP Negeri 13 Magelang menunjukkan rendahnya keterampilan argumentasi peserta didik, terutama dalam menyampaikan alasan ilmiah dan berpartisipasi aktif dalam diskusi. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan ini adalah melalui strategi Anticipation Guides yang diintegrasikan dengan aktivitas argumentasi. Strategi ini memfasilitasi peserta didik untuk mengaktifkan pengetahuan awal, menanggapi pernyataan, membaca teks ilmiah, dan berdiskusi secara argumentatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan strategi Anticipation Guides yang terintegrasi aktivitas argumentasi dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain nonequivalent kontrol group design. Sampel terdiri dari dua kelas di SMP Negeri 13 Magelang, yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi Anticipation Guides dengan aktivitas argumentasi, dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang menggunakan Anticipation Guides tanpa aktivitas argumentasi. Instrumen penelitian berupa tes uraian berdasarkan struktur argumentasi Toulmin, yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan signifikansi 0,003 pada aspek keilmiahan dan 0,000 pada aspek kelengkapan organ, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara dua kelas. Hasil uji N-Gain aspek keilmiahan menunjukkan peningkatan kemampuan argumentasi di kelas eksperimen sebesar 0,63 (kategori sedang) dan di kelas kontrol sebesar 0,54 (kategori sedang). Pada aspek kelengkapan organ uji N-Gain menunjukan nilai sebesar 0,66 (kategori sedang) dan dikelas kontrol sebesar 0,30 (kategori sedang). Selain itu, terjadi pergeseran level argumentasi dari level rendah ke level lebih tinggi di kelas eksperimen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Anticipation Guides yang terintegrasi aktivitas argumentasi efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik SMP.
Tidak tersedia versi lain