PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL ) TEMA MEREKAM JEJAK ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

DHEA EKA PUJI LESTARI - Nama Orang;

Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang bermakna dan aktif, termasuk dalam penguasaan keterampilan proses sains (KPS) pada mata pelajaran IPA. Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022 menunjukkan Skor Indonesia mengalami penurunan, yang mencerminkan rendahnya penguasaan keterampilan proses sains dasar (KPSD) peserta didik. Temuan tersebut diperkuat dengan berbagai penelitian yang menyatakan bahwa KPSD peserta didik SMP masih tergolong rendah. Observasi di SMP Negeri 7 Kota Magelang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional. Peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran, dan pembelajaran belum memfasilitasi peningkatan seluruh KPSD. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah model Project Based Learning (PjBL) yang dinilai efektif karena melibatkan peserta didik dalam pengalaman belajar nyata. Penelitian ini menerapkan PjBL dengan tema “Merekam Jejak Alam” melalui proyek ecoprint dan insectarium yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model PjBL dalam meningkatkan KPS siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental dan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VII D sebagai kontrol dan VII F sebagai eksperimen. Instrumen berupa enam soal uraian, dan data dianalisis menggunakan uji T-Test dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan (sig < 0,001) antara kedua kelas, dengan skor N-Gain kelas eksperimen 0,75 dan kontrol 0,49. Seluruh indikator KPSD, yang meliputi mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, dan menyimpulkan, mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Berbeda dengan keterampilan mengomunikasikan yang masih dalam kategori sedang. Oleh karena itu, keterampilan ini perlu ditingkatkan melalui latihan yang berkelanjutan. Kendala pada kegiatan monitoring aktivitas peserta didik yang masih belum terdokumentasi secara lengkap, dapat diatasi dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat memfasilitasi pelaporan dan dokumentasi peserta didik. Pengisian LKPD yang belum lengkap dan masih kurang lengkap atau tidak mencerminkan pemahaman yang diharapkan diatasi dengan memberi


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA LES E 2025
62-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LES E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;168HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?