PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DENGAN STRATEGI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA

TRIYANA OKTAFIYANINGSIH - Nama Orang;

Pada kegiatan pembelajaran IPA, diperlukan salah satu keterampilan yang mendukung adanya perkembangan kemampuan abad 21 siswa. Melalui keterampilan berargumentasi, peserta didik mempunyai fondasi dalam berpikir secara kritis serta logis dalam menyelesaikan permasalahan secara ilmiah dan juga sistematis. Pentingnya argumentasi pada siswa memiliki ketidaksesuaian dengan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru IPA di SMP Negeri 1 Tegalrejo didapatkan informasi bahwa peserta didik cenderung masih kurang dalam hal argumentasi. Oleh sebab itu, solusi permasalahan dalam penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dengan strategi STEM. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran ADI dengan strategi STEM dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berupa seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tegalrejo. Sampel penelitian meliputi kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model ADI, kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 2 dengan model ADI-STEM, dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan model konvensional (Discovery Learning). Instrumen tes yang digunakan adalah pretest-postest sejumlah dua soal yang diuji validitas dan reliabilitas dari para ahli. Skema analisis data dilakukan dengan uji Kruskal Wallis, uji Wilcoxon, dan Uji N-Gain. Hasil uji Kruskall Wallis menunjukkan nilai postest aspek keilmiahan dan kelengkapan organ setiap kelas memiliki perbedaan. Pada uji N-Gain argumentasi aspek keilmiahan kelas eksperimen 1 sebesar 0,35 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,52 yang berada pada kategori sama yaitu sedang. Sedangkan, pada kelas kontrol sebesar 0,059 yang berada pada kategori rendah. Kemudian, uji N-Gain argumentasi aspek kelengkapan organ, kelas eksperimen 1 sebesar 0,26 termasuk dalam kategori rendah dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,58 berada dalam kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,05 termasuk dalam kategori rendah. Peneliti menyimpulkan penerapan model Argument Driven Inquiry dengan strategi STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA OKT I 2025
60-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA OKT I 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;297HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?