Text
SKRIPSI EEFEKTIFAN TEKNIK ECOLA (EXTENDING CONCEPTS THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TEKS TANGGAPAN KELAS VII SMP NEGERI 12 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca pemahaman
siswa yang masih rendah. Teknik membaca diam tanpa melibatkan peran aktif siswa
dalam menanggapi materi masih kerap diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia. Hal
ini mengakibatkan siswa kurang berpartisipasi dalam kegiatan di kelas. Selain itu,
banyak siswa yang cenderung pasif ketimbang fokus pada pembelajaran. Guna
mengatasi hal ini, rancangan pembelajaran yang tepat dan inovatif diperlukan untuk
memberikan hasil yang maksimal.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui perbedaan keterampilan
membaca pemahaman teks tanggapan siswa kelas VII yang belajar dengan teknik
ECOLA dan mereka yang tidak belajar dengan teknik tersebut di SMP Negeri 12
Magelang dan (2) mengukur keefektifan penerapan teknik ECOLA terhadap
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Magelang.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain
nonequivalent control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 12 Magelang tahun ajaran 2024/2025. Penentuan sampel
menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh kelas VII D sebagai
kelompok kontrol dan kelas VII E sebagai kelompok eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal.
Hasil dari pelaksanaan pretest dan posttest digunakan sebagai teknik untuk
memeroleh data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji-t
sampel berpasangan dan uji-t sampel bebas.
Tidak tersedia versi lain