Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN POP-UP BOOK MEMBACA TEKS KARYA FIKSI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 MAGELANG
Membaca teks karya fiksi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan membaca. Namun, ditemukan bahwa kurangnya minat baca peserta didik yang dipengaruhi oleh kurangnya kebiasaan membaca yang belum terbentuk dengan baik. Selain itu, keterbatasan sumber bacaan yang menarik dan relevan juga berdampak pada penurunan minat baca peserta didik sehingga diperlukan untuk menumbuhkan budaya literasi yang lebih kuat untuk meningkatkan kemampuan membaca. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) menemukan kebutuhan pengembangan pop-up book membaca teks karya fiksi berbasis kearifan lokal bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Magelang, (2) mendeskripsikan tahapan pengembangan dan menghasilkan pop-up book membaca teks karya fiksi berbasis kearifan lokal bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Magelang, dan (3) mengetahui kelayakan pengembangan pop-up book membaca teks karya fiksi berbasis kearifan lokal bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Magelang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang dikembangkan oleh Richey dan Klein dalam Maeswaty (2023) adalah model PPE yaitu planning (perencanaan), production (pembuatan produk), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, angket kebutuhan, dan angket uji kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan, peserta didik memerlukan media pembelajaran yang mudah dipahami dan didukung oleh visualisasi untuk meningkatkan keterampilan membaca. Desain media pop-up book mencakup, cover, isi cerita, dan penugasan. Hasil validasi menunjukkan kriteria sangat layak dari ahli materi dengan persentase 96,36%, ahli media dengan persentase 95,65 %, dan pendidik Bahasa Indonesia dengan persentase 98,26 %. Pengembangan media pop-up book menurut ketiga validator sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Peserta didik dan pendidik dapat memanfaatkan media pop-up book pada teks karya fiksi berbasis kearifan lokal baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun sebagai sumber belajar mandiri. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan bagi penelitian selanjutnya dalam menguji efektivitas media pembelajaran yang telah dikembangkan.
Tidak tersedia versi lain