Text
SKRIPSI EVALUASI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP IT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG MENGGUNAKAN MODEL CIPP
Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pendidikan karakter peserta didik di Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Salah satu penerapan Profil Pelajar Pancasila adalah pada kegiatan intrakulikuler atau pembelajaran, termasuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Sayangnya, keterbatasan pemahaman guru dan perbedaan kesiapan masing-masing satuan pendidikan mengurangi optimalisasi penerapan Profil Pelajar Pancasila. Maka dari itu diperlukan adanya evaluasi. Dengan menggunakan desain deskriptif-kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa secara umum penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang telah berjalan sesuai dengan regulasi dan panduan yang seharusnya. Dari segi evaluasi context, latar belakang, kebijakan yang ditetapkan, serta kondisi lingkungan dan sosial budaya telah mendukung penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari segi evaluasi input, penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila serta sumber daya dan sarana prasarana juga secara keseluruhan telah terencara dengan baik. Dari segi evaluasi process, mulai dari persiapan dan pelaksanaan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Bahasa Indonesia juga telah berjalan tanpa adanya kendala yang berarti. Terakhir, dari segi product penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Ihsanul Fikri juga telah menghasilkan luaran berupa produk pembelajaran Bahasa Indonesia yakni kliping “Surat untuk Idola†serta berhasil mencapai perkembangan karakter yang dituangkan dalam rapor pendidikan. Adapun beberapa hal yang perlu ditingkatkan pada penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yakni keterlibatan orang tua dalam efektivitas penerapan, optimalisasi sumber daya yang ada, pemerataan sarana dan prasarana, perencaan program secara administratif, dan pelaksanaan evaluasi yang terukur. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi bahan acuan untuk melakukan peningkatan kualitas penerapan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang dalam mencapai keberhasilan program
Tidak tersedia versi lain