PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA FANTASI BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN GAMIFIKASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI KOTA MAGELANG

PUPUT TRI WIDAYANTI - Nama Orang;

Keterampilan membaca pemahaman merupakan aspek yang perlu dikuasai peserta didik SMP. Pada jenjang ini, peserta didik mulai dihadapkan dengan teks yang lebih kompleks. Namun, kemampuan membaca peserta didik secara umum masih tergolong sedang, dengan kesulitan pada aspek makna tersirat dan penyampaian kembali isi teks. Kondisi tersebut menuntut adanya inovasi dalam pengembangan bahan ajar yang adaptif terhadap tantangan pembelajaran saat ini. Penggunaan buku digital berbasis Augmented Reality (AR) dan gamifikasi dirasa relevan. Tidak terbatas sebagai respons terhadap kemajuan teknologi, melainkan sebagai upaya memenuhi kebutuhan belajar generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan pendidik, mengembangkan buku digital pembelajaran membaca pemahaman teks cerita fantasi, serta mengevaluasi kelayakannya sebagai bahan ajar bagi peserta didik kelas VII SMP di Kota Magelang. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE terbatas pada tahap pengembangan. Prosedur pengembangan penelitian mencakup, (1) analyze (analisis) dengan menganalisis kebutuhan bahan ajar melalui wawancara, angket, serta analisis terhadap kurikulum; (2) design (perancangan) dengan merancang kerangka buku, menyusun AR dan gamifikasi, serta menyusun konten buku; (3) development (pengembangan) yaitu memproduksi konten, menerapkan AR dan gamifikasi, serta validasi produk oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis kebutuhan, peserta didik dan pendidik memberikan tanggapan positif terhadap konsep buku digital yang dilengkapi fitur AR dan gamifikasi. Sebanyak 82% peserta didik menyatakan bahwa buku seperti ini menyenangkan untuk digunakan dalam pembelajaran, sementara hasil wawancara menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik menilai bahan ajar ini fleksibel serta inovatif. Tahap pengembangan dilakukan dengan menyusun kerangka isi, menyusun materi, mengembangkan cerita fantasi, latihan soal yang didasarkan pada Taksonomi Barrett, menambahkan fitur AR dan gamifikasi serta validasi produk. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor 62 dari 65 atau 95,38% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil dari ahli media menunjukkan skor 48 dari 65 atau 73,85% dengan kategori valid. Berdasarkan temuan tersebut, buku digital dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran membaca pemahaman teks cerita fantasi bagi peserta didik kelas VII SMP. Lebih lanjut, penelitian ini memiliki peluang untuk dikembangkan dengan materi ajar lain dan dapat diterapkan melalui pendekatan kuantitatif untuk mengetahui efektivitas buku digital terhadap peningkatan pemahaman membaca atau motivasi belajar peserta didik secara terukur.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) INDONESIA WID P 2025
65-UN57.U1-SIN-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA WID P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?