Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS RESENSI BERBASIS WEBSITE CANVA DI SMA NEGERI 5 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan menulis
teks resensi pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Magelang serta keterbatasan media
pembelajaran inovatif yang mampu mengakomodasi kebutuhan belajar abad ke-21.
Upaya menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan digitalisasi pendidikan,
model pembelajaran berbasis teknologi menjadi salah satu alternatif solusi yang
tepat untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis teks resensi
berbasis website Canva yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik
peserta didik jenjang SMA.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian R&D (Research and
Development) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan,
yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase.
Pada tahap awal, dilakukan analisis kondisi pembelajaran menulis teks
resensi melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia untuk mengetahui
kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 5 Magelang. Berdasarkan analisis kondisi,
ditemukan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum
memanfaatkan media berbasis teknologi secara optimal. Selanjutnya, dilakukan
analisis kebutuhan bahwa guru membutuhkan media pembelajaran yang tidak
hanya memuat materi dan contoh teks resensi, tetapi juga mampu menghadirkan
tampilan visual yang menarik dan mudah diakses oleh siswa.
Tidak tersedia versi lain