Text
SKRIPSI KORELASI PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 MAGELANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks
argumentasi siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Magelang, yang ditandai dengan minimnya
penguasaan kosakata. Meskipun siswa telah terbiasa berkomunikasi secara lisan, banyak
siswa yang belum mampu menggunakan kosakata secara efektif dalam tulisan formal.
Selain itu, siswa belum menerapkan pembiasaan literasi yang optimal turut mempengaruhi
minimnya penguasaan kosakata siswa. Oleh karena itu, penguasaan kosakata merupakan
salah satu unsur penting dalam keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan menulis
teks argumentasi.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan bagaimana tingkat
penguasaan kosakata siswa, bagaimana tingkat keterampilan menulis teks argumentasi
siswa, dan apakah terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan keterampilan
menulis teks argumentasi siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1)
mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa; (2) mendeskripsikan tingkat
keterampilan menulis teks argumentasi siswa, dan (3) mendeskripsikan hasil korelasi
antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks argumentasi siswa.
Tidak tersedia versi lain