Text
SKRIPSI PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE “SI OTAN†TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII SMPN 8 MAGELANG "
Penelitian berjudul “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan
Media YouTube ‘Si Otan’ terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil
Observasi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Magelang†dilatarbelakangi oleh rendahnya
keterampilan menulis siswa dalam menyusun teks laporan hasil observasi (LHO).
Sebagian besar siswa belum mampu mengembangkan gagasan, menulis paragraf
yang padu, dan menggunakan tanda baca dengan tepat dalam menulis teks LHO.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan ada tidaknya pengaruh
signifikan penerapan metode inkuiri terbimbing menggunakan media YouTube “Si
Otan†terhadap keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VIII SMPN 8
Magelang, dan (2) membuktikan ada tidaknya perbedaan signifikan keterampilan
menulis teks LHO siswa kelas VIII SMPN 8 Magelang sebelum dan sesudah
menerapkan metode inkuiri terbimbing menggunakan media YouTube “Si Otanâ€.
Metode dan desain penelitian ini berupa quasi experimental non-equivalent
group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 8 Magelang dan
sampel penelitian sebanyak 61 siswa yang dipilih dengan teknik purposive
sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes menulis teks LHO. Pengujian
instrumen tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Tidak tersedia versi lain