Text
SKRIPSI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP INTENTION TO USE MOBILE BANKING MYBCA
ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital mengubah lanskap perbankan dengan munculnya fintech, sehingga transaksi keuangan menjadi lebih efisien melalui platform seluler. Sebagai respons terhadap perkembangan tersebut, bank-bank di Indonesia berkompetisi dalam menciptakan layanan mobile banking yang paling unggul. Kelebihan maupun kekurangan dari suatu mobile banking akan sangat memengaruhi niat nasabah untuk menggunaknnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan social influence terhadap intention to use mobile banking myBCA. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi masyarakat Jawa Tengah yang memiliki niat untuk menggunakan aplikasi myBCA. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diukur dengan skala Likert dan pengujian data dilakukan dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linear Berganda menggunakan alat olah data SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, dan social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use mobile banking myBCA. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi pengembang aplikasi myBCA untuk memprioritaskan desain antarmuka yang intuitif, fitur dan manfaat yang relevan bagi pengguna, serta memanfaatkan rekomendasi sosial dan ulasan positif dari pengguna lain. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan variabel penelitian dan melibatkan variabel mediator untuk pemahaman yang lebih komprehensif.
Kata kunci: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Influence, Intention to Use, Mobile Banking myBCA.
Tidak tersedia versi lain