Text
SKRIPSI PENGARUH GREEN MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION
ABSTRAK
Industri skincare di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap perawatan diri dan kesehatan kulit. Persaingan yang semakin ketat membuat setiap merek harus mampu membangun daya tarik yang tidak hanya berbasis pada kualitas produk, tetapi juga pada nilai dan pengalaman merek yang ditawarkan. Avoskin, sebagai salah satu merek lokal yang menonjolkan konsep keberlanjutan, menghadapi tantangan dalam mempertahankan loyalitas konsumen di tengah banyaknya alternatif produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh green marketing, customer experience, dan product quality terhadap repurchase intention secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pengguna Avoskin. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel, yaitu green marketing, customer experience, dan product quality, berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Namun secara parsial, hanya green marketing yang berpengaruh positif dan signifikan, sementara customer experience dan product quality tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Temuan ini mengindikasikan bahwa nilai keberlanjutan dan citra ramah lingkungan yang diusung oleh Avoskin berhasil menciptakan pengalaman merek yang kuat secara emosional (affective) dan intelektual (intellectual), sehingga memengaruhi keputusan pembelian ulang. Sebaliknya, dimensi pengalaman merek yang bersifat sensorik (sensory) maupun perilaku (behavioral) yang banyak tercermin dalam aspek customer experience dan product quality belum cukup kuat dalam mempengaruhi konsumen untuk kembali membeli. Dalam kasus Avoskin, dimensi afektif dan intelektual tampak lebih menonjol karena konsumen merespons nilainilai lingkungan dan narasi merek yang ditanamkan melalui strategi pemasaran hijau. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperkuat dimensi pengalaman lainnya agar konsumen tidak hanya tertarik secara emosional, tetapi juga merasa puas secara menyeluruh saat menggunakan produk dan berinteraksi dengan merek.
Kata Kunci : Customer Experience; Green Marketing; Product Quality; Repurchase Intention; Skincare.
Tidak tersedia versi lain