Text
SKRIPSI PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), LIQUIDITY, SALES GROWTH, DAN CAPITAL INTENSITY TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2021-2023
              ABSTRAK 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility (CSR), liquidity, sales growth, dan capital intensity terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan teori agensi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 163 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sesuai dengan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 90 perusahaan dengan 198 data yang dapat diolah. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dalam mengumpulkan data. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang tersedia di website idx serta website remi perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 25, sehingga dapat diidentifikasi pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan pengungkapan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, artinya semakin banyak item CSR yang diungkapkan maka akan meningkatkan tindakan tax avoidance yang dilakukan perusahaan. Liquidity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance, artinya semakin tinggi tingkat likuiditas yang dimiliki perusahaan akan mengurangi tindakan tax avoidance yang dilakukan. Sales growth tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, artinya tinggi rendahnya pertumbuhan penjualan yang dialami tidak menjadi alasan perusahaan untuk melakukan tindakan tax avoidance. Capital Intensity berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, artinya semakin banyak investasi perusahaan pada asset tetapnya akan meningkatkan tindakan tax avoidance. 
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Liquidity, Sales Growth, Capital Intensity, Tax Avoidance
            
Tidak tersedia versi lain