Text
SKRIPSI ISLAMIC SOCIAL REPORTING: DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN DAN MEDIA EXPOSURE PERUSAHAAN KELAPA SAWIT BERBASIS SYARIAH
ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada banyaknya kasus terkait aktivitas bisnis perusahaan kelapa sawit di Indonesia. Hal ini mencerminkan lemahnya tanggung jawab dan transparansi perusahaan kelapa sawit terhadap dampak sosial dan lingkungan. Sehingga diperlukan pengungkapan mengenai informasi tanggung jawab sosial (CSR) terkait aktivitas bisnis perusahaan pada laporan tahunannya sebagai bentuk transparasi aktivitas bisnisnya. Konsep CSR yang ada dalam ekonomi konvensional kini telah berkembang pada Ekonomi Islam. Konsep ini dipelopori oleh Haniffa (2002) dimana menjelaskan mengenai kerangka konseptual tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berlandaskan pada nilai-nilai syariah (Islamic Social Reporting). Fenomena tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait praktik pengungkapan Islamic Social Reporting perusahaan kelapa sawit yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan dan media exposure terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan kelapa sawit berbasis syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia 2016- 2023. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Analisis data pada yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS) menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang diukur dengan profitabilitas (ROE), likuiditas (CR), dan solvabilitas (DER) tidak berpengaruh terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Sedangkan media exposure berpengaruh positif terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Penelitian ini memberikan bukti bahwa pengungkapan Islamic Social Reporting cenderung menjadi bentuk respon terhadap tekanan eksternal yang dihadapi perusahaan terlepas bagaimana kinerja keuangannya.
Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Media Exposure, Islamic Social Reporting, Perusahaan Kelapa Sawit, Indeks Saham Syariah Indonesia.
Tidak tersedia versi lain