Text
SKRIPSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTASI SYARIAH DI KALANGAN GENERASI Z
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Literasi keuangan syariah, persepsi return, kemajuan teknologi informasi, edukasi sosial media, kemudahan akses, dan gaya hidup terhadap minat investasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data diperoleh melalui kuesioner yang telah disebarkan kepada responden. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z individu yang lahir tahun 1997-2012, yang telah memiliki pekerjaan atau sedang menjalankan usaha (penghasilan). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 232 responden melalui metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi Smart PLS 4.0. Berdasarkan hasil dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) variabel literasi keuangan syariah, persepsi return, kemajuan teknologi informasi, edukasi sosial media, dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap minat investasi. Sebaliknya, (2) variabel kemudahan akses tidak berpengaruh positif terhadap minat investasi.
Kata kunci: Minat Investasi Syariah, Generasi Z, Literasi Keuangan Syariah, dan Kemajuan teknologi Informasi
Tidak tersedia versi lain