Text
SKRIPSI ANALISIS PENGARUH PENYEDIAAN LAYANANPEMBAYARAN DIGITAL, AKUNTABILITAS DANTRANSPARANSI LEMBAGA ZAKAT DALAMPENINGKATAN MINAT GEN-Z UNTUK BERZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penyediaanlayanan pembayaran digital, akuntabilitas, dan transparansi lembaga zakat terhadap peningkatan minat generasi Z dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Generasi Z dikenal sebagai kelompok yang sangat akrab dengan teknologi serta memiliki ekspektasi tinggi terhadapketerbukaan dan kejelasan informasi. Oleh karena itu, penting untukmengevaluasi sejauh mana inovasi dalam layanan pembayaran digital dantata kelola yang baik dari lembaga zakat dapat mempengaruhi keputusanmereka dalam menunaikan zakat, infak, sedekah. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadapresponden dari kalangan Gen-Z. Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui penyebaran kuesioner secara daring atau melalui google formulir untuk menjangkau responden yang menjadi target sampel dan populasi yaitu mahasiswa akuntansi Universitas Tidar semester gasal tahunakademik 2024/2025. Data dianalisis menggunakan regresi linier bergandauntuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadapminat ber-ZIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel layanan pembayaran digital, akuntabilitas, dan transparansi berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat Gen-Z dalam berzakat, infak, dansedekah. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pembayaran digital danpeningkatan kualitas tata kelola di lembaga zakat seperti akuntabilitas dantransparansi untuk mengoptimalkan potensi pembayaran zakat, infak, sedekah di kalangan generasi muda yang semakin cerdas digital dan peduli terhadap nilai-nilai sosial serta keadilan.
Kata kunci: Zakat, Infak, Sedekah, Gen-Z, Pembayaran Digital, Akuntabilitas, Transparansi, Minat
Tidak tersedia versi lain