Text
SKRIPSI PENGARUH GROWTH, TANGIBILITY, DAN FREE CASH FLOW TERHADAP KEPUTUSAN HUTANG PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2021-2023
ABSTRAK
Keputusan hutang merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh sumber pendanaan tambahan dari luar (eksternal). Keputusan dalam penggunaan hutang juga termasuk bagian penting dalam pengelolaan struktur modal karena dapat berdampak pada risiko keuangan dan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh growth, tangibility, dan free cash flow terhadap keputusan hutang. Growth diukur dengan rasio antara perubahan total aset tahun berjalan dibandingkan total aset tahun sebelumnya. Adapun tangibility diukur melalui perbandingan antara aset tetap dengan total aset. Free cash flow diukur dari perbandingan antara aliran kas operasi dengan belanja modal. Kemudian, untuk variabel keputusan hutang diukur melalui rasio nilai keseluruhan hutang dengan total ekuitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda. Populasinya terdiri dari perusahaan sub sektor food and beverage yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Sampel penelitian ini berjumlah 50 perusahaan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menganalisis data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di situs BEI maupun website masing-masing perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa growth dan tangibility berpengaruh positif terhadap keputusan hutang, sedangkan free cash flow tidak memiliki pengaruh pada keputusan hutang.
Kata Kunci: Keputusan Hutang, Growth, Tangibility, Free Cash Flow
Tidak tersedia versi lain