Text
TUGAS AKHIR EVALUASI SISTEM PENAGIHAN PIUTANG (KLAIM) PASIEN RAWAT JALAN JAMINAN SOSIAL DI RUMAH SAKIT HARAPAN KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Pengamatan penulis bertujuan mengetahui dan mengevaluasi sistematikan tagihan pemberi utang (klaim) pasien Rawat Jalan Jaminan Sosial Jalan di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang. Pengamatan yang diimplemenasikan dengan kualitatif deskrptif dengan mengumpulkan informasi dengan cara mewawancarai, mengobservasi dan mendokumentasikan. Perolehan hasil pengamatan ini menampilkan bahwa bahwa masih terdapat kendala dalam sistem penagihan piutang (klaim) pasien jaminan BPJS Rawat Jalan di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang. Kendala-kendala tersebut antara lain kurang pahamnya beberapa bagian terhadap ketentuan-ketentuan klaim sehingga yang dapat menyebabkan keterlambatan masuknya berkas ke bagian selanjutnya. Evaluasi terkait dokumen yang digunakan beberapa juga masih ada yang kurang lengkap dan kurang jelas. Hal ini menjadi hambatan karena berkas harus sudah harus layak dan sesuai untuk dapat diklaimkan. Evaluasi prosedur terkait sistem penagihan piutang (klaim) pasien Rawat Jalan Jaminan Sosial di Rumah Sakit Harapan Magelang sudah terorganisir dengan baik karena terdapat pemisahan bagian, tidak hanya melibatkan satu bagian prosedur saja, sehingga sistem berjalan dengan baik. Dari evaluasi pada sistem penagihan piutang (klaim) pasien Rawat Jalan jaminan sosial di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang, penulis memberikan saran yaitu diadakannya sosialisasi terhadap fungsi-fungsi yang berhubungan dengan sistem penagihan piutang (klaim) pasien jaminan Sosial. Selain itu, penulis juga merekomendasikan adanya pengecekan ulang di masing-masing bagian pada saat penerimaan kelengkapan berkas dari bagian sebelumnya, sehingga dapat meminimalisir dokumen yang tidak lengkap dan kurang jelas.
Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Penagihan Piutang Pasien Jaminan Sosial, Rumah Sakit
Tidak tersedia versi lain