Text
SKRIPSI STUDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGIOSPERMAE DI KAWASAN WISATA LEMBAH PINUS KABUPATEN MAGELANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI E-BOOKLET
Tumbuhan Angiospermae atau yang dikenal sebagai tumbuhan berbiji tertutup tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis dan berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Kabupaten Magelang merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan iklim dan geografis yang sangat mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan tumbuhan Angiospermae seperti di kawasan wisata Lembah Pinus. Pada kawasan wisata Lembah Pinus belum pernah dilakukan penelitian terkait kenaekaragaman tumbuhan Angiospermae karena pemanfaatannya hanya sebagai tempat wisata alam dan perkemahan. Penelitian keanekaragaman tumbuhan Angiospermae penting dilakukan karena dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat sekitar dan sumber belajar bagi peserta didik, seperti pengembangan sumber belajar biologi berbasis potensi lokal berupa e-booklet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keanekaragaman tumbuhan Angiospermae di kawasan wisata Lembah Pinus dan menganalisis kelayakan sumber belajar biologi berupa e-booklet berbasis potensi lokal tumbuhan Angiospermae di kawasan wisata Lembah Pinus. Kegiatan penelitian dilakukan di kawasan wisata Lembah Pinus pada tanggal 22 Maret – 19 April 2025. Metode yang digunakan berupa mixed methods yang terbagi menjadi 2 tahapan, yaitu penelitian eksplorasi dan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D. Hasil penelitian eksplorasi mengindikasikan bahwa di kawasan wisata Lembah Pinus Kabupaten Magelang terdapat 53 spesies tumbuhan Angiospermae yang dikategorikan menjadi 2 kelas, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil. Nilai indeks dominansi spesies pada ketiga stasiun memiliki rata-rata sebesar 0,146817 dan dikategorikan dominansi rendah. Nilai densitas atau kerapatan pada ketiga stasiun memiliki rata-rata sebesar 2,5 individu/m2 . Nilai indeks keanekaragaman jenis memiliki nilai H’ sebesar 3,33981 dan dikategorikan keanekaragaman jenis tinggi. Selanjutnya pada hasil penelitian pengembangan, e-booklet yang telah dikembangkan memiliki hasil validasi dengan rata-rata persentase sebesar 91,43% dan dikategorikan sangat layak. Pada validasi aspek materi persentase yang didapatkan sebesar 91,76% dan validasi aspek media persentasenya sebesar 91,1%. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memiliki nilai persentase rata-rata sebesar 93,05% dan termasuk ke dalam kategori tinggi. Nilai persentase lembar tanggapan guru biologi dan peserta didik dikategorikan sangat layak. Nilai persentase lembar tanggapan guru biologi adalah sebesar 90,71% dan nilai persentase rata-rata lembar tanggapan peserta didik adalah sebesar 89,52%. E-Booklet yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh guru biologi dan peserta didik sebagai sumber belajar yang menarik dan informatif.
Tidak tersedia versi lain