Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD HYPERCONTENT BERBASIS JIGSAW MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DAN EFEKTIFITASNYA PADA HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA 2 MAGELANG
Penelitian ini didasari oleh belum optimalnya hasil belajar kognitif serta ketiadaan bahan ajar berupa lembar kerja peeserta didik (LKPD) hypercontent yang mengintegrasikan model pembelajaran jigsaw. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) menganalisis kelayakan LKPD hypercontent berbasis model pembelajaran jigsaw pada materi sistem reproduksi manusia berdasarkan penilaian dari aspek materi dan bahan ajar dan 2) menganalisis efektivitas LKPD hypercontent berbasis model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1) analisis, yaitu menganalisis kebutuhan siswa, menganalisis karakteristik siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi; 2) desain, yaitu menentukan CP, menyusun kerangka materi, kerangka isi, dan tampilan; 3) pengembangan, yaitu mengembangkan produk dan uji validasi pada aspek bahan ajar dan materi; 4) implementasi, yaitu melakukan uji coba desain pra-eksperimen dengan one group pre-test post-test dan (5) Evaluasi, yaitu melakukan evaluasi secara keseluruhan dan revisi produk pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-F SMAN 2 Magelang. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, validasi, kuesioner, dan metode tes. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik XI-F SMAN 2 Magelang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, validasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD hypercontent berbasis jigsaw pada materi sistem reproduksi manusia dinilai sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi, dengan skor penilaian tinggi pada aspek kelayakan bahan ajar 88,2% dan aspek materi sebesar 94%, sedangkan hasil tanggapan guru diperoleh presentasi sebesar 95,2% dan siswa sebesar 93%. Berdasarkan hasil implementasi produk, keefektifan LKPD hypercontent berbasis jigsaw terhadap hasil belajar kognitif peserta didik ditunjukkan melalui perolehan nilai N-Gain sebesar 0,74, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, penggunaan LKPD hypercontent berbasis jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan pencapaian belajar kognitif peserta didik. Selain itu, LKPD ini juga berperan sebagai media pembelajaran biologi yang efisien dan mendukung proses belajar yang aktif
Tidak tersedia versi lain