Text
SKRIPSI HUBUNGAN ENVIRONMENTAL LITERACY DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO YANG MENERAPKAN PROGRAM ADIWIYATA
Krisis lingkungan dan perubahan iklim menjadi tantangan global yang perlu dihadapi manusia di era ini. Peristiwa tersebut dapat terjadi karena semakin meningkatnya jumlah penduduk, ekonomi, dan perkembangan teknologi mengakibatkan bertambahnya hasil dari aktivitas penduduk. Hal tersebut perlu dilakukan pelestarian untuk meminimalisir dampak dari hasil aktivitas tersebut. Salah satunya melalui dunia pendidikan dengan memperoleh ilmu untuk menjaga, melestarikan, dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi di lingkungan. Environmental literacy merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan. Environmental literacy adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menerapkan, dan berpartisipasi dalam ilmu-ilmu lingkungan yang lebih kompleks. Environmental literacy membuat seseorang untuk sadar akan isu lingkungan setelah mendapatkan pengetahuan terkait permasalahan sehingga dapat memberikan solusi terkait masalah tersebut. Selain itu, di SMA Negeri 7 Purworejo siswa memiliki tingkat environmental literacy yang cukup. Environmental literacy juga dapat mempengaruhi sikap peduli lingkungan. Akan tetapi, dalam tindakan nyatanya masih ditemukan beberapa masalah terkait lingkungan di sekolah, seperti siswa masih membuang sampah sembarangan. Kemudian di SMA Negeri 7 Purworejo juga menerapkan program adiwiyata yaitu salah satu wadah yang dapat mengembangkan environmental literacy, tetapi dalam pelaksanaannya belum secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan environmental literacy dengan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas X di SMA Negeri 7 Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 7 Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 90 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental literacy memiliki hubungan dengan sikap peduli lingkungan yang berkategori lemah dengan nilai koefisien korelasinya - 0,231. Akan tetapi, hasil tersebut memiliki arah hubungan yang negatif dengan arti meningkatnya environmental literacy tidak serta merta meningkatkan sikap peduli lingkungan. Berdasarkan penelitian tersebut, sekolah dapat menambahkan kegiatan yang berkaitan dengan menjaga lingkungan secara aktif dan konsisten sehingga diharapkan dapat meningkatkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan.
Tidak tersedia versi lain