PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL ASICC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 1 MUNTILAN

ANINDIA ELZA PRAMUDIYA - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik belum mencapai tingkat ketuntasan capaian pembelajaran. Kondisi tersebut disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran dan bahan ajar yang kurang sesuai dengan karakteristik materi perubahan lingkungan, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi untuk mendukung pembelajaran seperti E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan produk E-LKPD berbasis ASICC berdasarkan aspek media dan aspek materi, serta menganalisis keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ketiga yaitu Development (pengembangan). Penelitian ini diujicobakan dengan pre-experimental design jenis one group pretest posttest. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis model ASICC sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji validitas. Hasil uji validasi pada aspek media memperoleh persentase sebesar 90,42% (sangat valid) dan aspek materi 92,26% (sangat valid). Uji N-Gain yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 0,78 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis model ASICC pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMAN 1 Muntilan.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) BIOLOGI PRA P 2025
65-UN57.U1-SPB-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI PRA P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;157HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?