Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL ASICC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 1 MUNTILAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik belum mencapai tingkat ketuntasan capaian pembelajaran. Kondisi tersebut disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran dan bahan ajar yang kurang sesuai dengan karakteristik materi perubahan lingkungan, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi untuk mendukung pembelajaran seperti E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan produk E-LKPD berbasis ASICC berdasarkan aspek media dan aspek materi, serta menganalisis keefektifannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ketiga yaitu Development (pengembangan). Penelitian ini diujicobakan dengan pre-experimental design jenis one group pretest posttest. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis model ASICC sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil uji validitas. Hasil uji validasi pada aspek media memperoleh persentase sebesar 90,42% (sangat valid) dan aspek materi 92,26% (sangat valid). Uji N-Gain yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 0,78 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, E-LKPD berbasis model ASICC pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMAN 1 Muntilan.
Tidak tersedia versi lain