Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI EVOLUSI UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI TEORI EVOLUSI PADA SISWA KELAS XII SMA ISLAM SECANG
Materi evolusi merupakan salah satu topik dalam biologi yang sering menimbulkan miskonsepsi di kalangan siswa karena bersifat abstrak dan dinilai bertentangan dengan pemahaman keagamaan. Berdasarkan hasil analisis awal di SMA Islam Secang ditemukan berbagai potensi terjadinya miskonsepsi pada guru dan siswa kelas XII SMA Islam Secang, ditunjukkan dengan guru yang memilih tidak mengajar pada topik sensitif teori evolusi dan siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dengan tidak menunjukkan diskusi atau umpan balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar materi evolusi yang dapat membantu mengatasi miskonsepsi siswa melalui pendekatan pembelajaran yang tepat dan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dan dibatasi hingga tahap Develop. Tahap define dilakukan melalui analisis kurikulum, karakteristik peserta didik, serta identifikasi miskonsepsi menggunakan three-tier test yang mengukur miskonsepsi siswa terhadap konsep-konsep dalam teori evolusi seperti teori Darwin, seleksi alam, dan batasan teori evolusi.. Tahap design mencakup perancangan modul berbasis conceptual change dan inkuiri terbimbing, dan tahap develop meliputi validasi oleh ahli materi dan ahli pengembangan bahan ajar, serta uji efektivitas melalui pretest dan posttest. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa modul ajar memperoleh skor kelayakan sebesar 92,9%, sedangkan dari ahli pengembangan bahan ajar memperoleh skor 94,2%, keduanya berada dalam kategori “sangat layakâ€. Efektivitas modul juga terlihat dari penurunan miskonsepsi siswa dari 25,64% pada pre-test menjadi hanya 0,9% pada post-test, serta peningkatan pemahaman konsep pada keempat subtopik materi evolusi. Modul ini terbukti efektif karena dilengkapi bahan belajar visual, aktivitas reflektif, serta penjelasan konseptual yang mendalam dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah Islam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul ajar materi evolusi yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk mengatasi miskonsepsi siswa kelas XII. Disarankan agar modul ini diuji lebih lanjut pada skala yang lebih luas dan dikembangkan untuk materi biologi lainnya yang juga berisiko tinggi menimbulkan miskonsepsi.
Tidak tersedia versi lain