Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI KEGIATAN STUDI ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA
Permasalahan lingkungan di Indonesia salah satu penyebabnya karena penumpukan
sampah dari masyarakat yang belum dapat dikelola secara optimal. Rendahnya literasi
lingkungan masyarakat dapat memperburuk kondisi lingkungan. Rendahnya literasi
lingkungan siswa dapat dilihat melalui hasil survei menggunakan instrumen Middle
School Environmental Literacy (MSELS) menunjukkan hasil nilai kemampuan literasi
lingkungan siswa sebesar 68,24. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan literasi lingkungan dengan mengkaitkan model pembelajaran serta materi
pembelajaran dengan lingkungan di sekitarnya yaitu project based learning melalui
kegiatan studi alam. Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan kuasi
eksperimen dengan menggunakan uji statistik data numerik. Penelitian ini menggunakan
desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Nilai N-gain keseluruhan
literasi lingkungan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
project based learning melalui kegiatan studi alam 0,57. kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran discovery learning metode pembelajaran ceramah memperoleh nilai
N-gain keseluruhan sebesar 0,27. Peningkatan literasi lingkungan lebih tinggi kelas
eksperimen daripada peningkatan pada kelas kontrol. Kriteria kedua kelas juga berbeda
karena kelas eksperimen memperoleh kriteria N-gain sedang sedangkan, kelas kontrol
memperoleh kriteria N-gain rendah. Hasil penelitian dapat diambil keputusan bahwa
terpenuhinya nilai uji hipotesis dari hasil data yaitu 0,000 kurang dari 0,05 sehingga
terdapat perbedaan peningkatan literasi lingkungan pada siswa yang mendapat model
pembelajaran project based learning melalui kegiatan studi alam dan model pembelajaran
discovery learning. Kategori peningkatan literasi lingkungan yaitu sedang. Nilai setiap
indikator literasi lingkungan masing-masing 0,49 pada indikator pengetahuan ekologi
dengan kategori sedang, 0,56 pada indikator kompetensi lingkungan dengan kategori
sedang, dan 0,59 pada indikator sikap terhadap lingkungan dengan kategori sedang.
Tidak tersedia versi lain