PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA MAGELANG PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

DIAZ INDANA ZULFA - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model
pembelajaran inkuiri berbantuan STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif
siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Magelang pada materi getaran dan
gelombang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, yang tercermin dari hasil asesmen
nasional dan internasional, serta masih dominannya pembelajaran konvensional
yang berpusat pada guru dan hafalan.
Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen yang menggunakan model STEM, dan kelas kontrol yang
menggunakan model Discovery Learning. Instrumen berupa soal pilihan ganda
(untuk berpikir kritis) dan uraian (untuk berpikir kreatif), dengan analisis data
menggunakan uji Mann-Whitney U, Wilcoxon, dan perhitungan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif secara signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan
kelas kontrol. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen berada dalam kategori sedang
hingga tinggi, sedangkan pada kelas kontrol hanya berada pada kategori rendah
hingga sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
inkuiri berbantuan STEM efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif siswa, terutama dalam pembelajaran IPA yang menuntut
pemahaman konseptual yang mendalam.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ZUL K 2025
79-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZUL K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;253 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?