Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA MAGELANG PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model
pembelajaran inkuiri berbantuan STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif
siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Magelang pada materi getaran dan
gelombang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, yang tercermin dari hasil asesmen
nasional dan internasional, serta masih dominannya pembelajaran konvensional
yang berpusat pada guru dan hafalan.
Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas
eksperimen yang menggunakan model STEM, dan kelas kontrol yang
menggunakan model Discovery Learning. Instrumen berupa soal pilihan ganda
(untuk berpikir kritis) dan uraian (untuk berpikir kreatif), dengan analisis data
menggunakan uji Mann-Whitney U, Wilcoxon, dan perhitungan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif secara signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan
kelas kontrol. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen berada dalam kategori sedang
hingga tinggi, sedangkan pada kelas kontrol hanya berada pada kategori rendah
hingga sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
inkuiri berbantuan STEM efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan kreatif siswa, terutama dalam pembelajaran IPA yang menuntut
pemahaman konseptual yang mendalam.
Tidak tersedia versi lain