Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA KELAS VII SMP
Rendahnya minat dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata
pelajaran IPA menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi di tingkat
SMP, karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu,
diperlukan model pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan mampu
melibatkan peserta didik secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas model pembelajaran Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS)
berbantuan Google lens dalam meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif
peserta didik kelas VII SMP pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen
berupa nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi
kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar kognitif. Hasil uji Independent
Sample t-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol, baik pada minat belajar (sig. 0,005) maupun hasil
belajar kognitif (sig. 0,004). Nilai N-Gain pada minat belajar dan hasil belajar
kognitif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol Selain itu,
hasil regresi menunjukkan bahwa minat belajar memberikan pengaruh terhadap
hasil belajar kognitif. Model EJAS berbantuan Google lens efektif untuk
meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa.
Tidak tersedia versi lain