PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA KELAS VII SMP

MIRZA SUCI MUBAROKAH - Nama Orang;

Rendahnya minat dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata
pelajaran IPA menjadi salah satu permasalahan yang kerap terjadi di tingkat
SMP, karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu,
diperlukan model pembelajaran yang inovatif, kontekstual, dan mampu
melibatkan peserta didik secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas model pembelajaran Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS)
berbantuan Google lens dalam meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif
peserta didik kelas VII SMP pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen
berupa nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan meliputi
kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar kognitif. Hasil uji Independent
Sample t-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol, baik pada minat belajar (sig. 0,005) maupun hasil
belajar kognitif (sig. 0,004). Nilai N-Gain pada minat belajar dan hasil belajar
kognitif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol Selain itu,
hasil regresi menunjukkan bahwa minat belajar memberikan pengaruh terhadap
hasil belajar kognitif. Model EJAS berbantuan Google lens efektif untuk
meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA MUB E 2025
78-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUB E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;268 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?