Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, AND PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA
Keterampilan metakognitif merupakan keterampilan yang penting untuk siswa
miliki dan menjadi tuntutan kemampuan abad 21. Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh temuan yang terjadi di SMP Negeri 5 Magelang, dimana keterampilan
metakognitif siswa masih tergolong rendah, belum tersedianya bahan ajar yang
menstimulasi keterampilan metakognitif siswa, serta pembelajaran yang belum
melatih kemandirian belajar siswa. Berdasarkan temuan terkait rendahnya
keterampilan metakognitif siswa, maka diperlukan solusi berupa pengembangan
bahan ajar yang sifatnya dapat melatih kemandirian siswa dalam belajar. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA
yang diintegrasikan dengan model pembelajaran ERP yang valid, efektif, dan
praktis untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, develop,
implement, evaluate. Sampel penelitian sebanyan 31 siswa kelas VIII SMP Negeri
5 Magelang yang dipilih secara purposive sampling. Desain dari penelitian ini
dilakukan dengan one group pretest-posttest. Data dalam penelitian ini diperoleh
menggunakan lembar validasi ahli, instrumen tes, angket Metacognitive Awareness
Inventory (MAI), dan angket respon pengguna.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) modul pembelajaran dinyatakan valid
berdasarkan hasil validasi dari ahli dengan skor V-Aiken sebesar 0,85; (2) modul
efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa, ditunjukkan dengan
peningkatan skor pretest dan posttest serta nilai N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk
dalam kategori tinggi; dan (3) modul dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket
respon siswa dengan skor kepraktisan sebesar 84,7% yang mencapai kategori
sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran
IPA berbasis model ERP valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, serta
efektif dan praktis dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa.
Tidak tersedia versi lain