Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP LITERASI SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP
Literasi sains dan pemahaman konsep IPA merupakan kompetensi penting dalam
menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Namun, banyak siswa masih
mengalami kesulitan dalam memahami konsep secara mendalam akibat model
pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan model RADEC terhadap literasi sains dan
pemahaman konsep IPA siswa SMP, serta mengetahui korelasi literasi sains
terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan desain non-equivalent control
group, yang melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran. Kelas VIIC
sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui
purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest berupa tes
pilihan ganda yang berjumlah 15 soal literasi sains dan 12 soal pemahaman konsep
yang telah valid dan reliabel. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan berdasarkan
hasil analisis data pada uji Mann Whitney yaitu sebesar
Tidak tersedia versi lain