PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOLOGI DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

SUSI WIDYANINGSIH - Nama Orang;

Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut siswa untuk menguasai
keterampilan abad ke-21, termasuk kemampuan berpikir kritis. Namun, beberapa
penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis masih berada pada
tingkat rendah. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui
pembelajaran IPA dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Model ini
melibatkan tiga tahapan yaitu think (berpikir), pair (berpasangan), dan share
(berbagi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) pada materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control
group design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan
mempertimbangkan karakteristik siswa dengan tingkat kemampuan kognitif yang
relatif sama.
Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test
menghasilkan nilai signifikansi 0,044 yang lebih rendah dari 0,05. Ini menunjukkan
adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa di kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, skor N-Gain di kelas eksperimen
mencapai 0,52 yang tergolong kategori sedang, sementara kelas kontrol
memperoleh N-Gain 0,42 yang juga termasuk kategori sedang. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
pada materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa SMP.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA WID K 2025
74-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WID K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;183 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?