Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI EKOLOGI DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut siswa untuk menguasai
keterampilan abad ke-21, termasuk kemampuan berpikir kritis. Namun, beberapa
penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis masih berada pada
tingkat rendah. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui
pembelajaran IPA dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Model ini
melibatkan tiga tahapan yaitu think (berpikir), pair (berpasangan), dan share
(berbagi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) pada materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control
group design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan
mempertimbangkan karakteristik siswa dengan tingkat kemampuan kognitif yang
relatif sama.
Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test
menghasilkan nilai signifikansi 0,044 yang lebih rendah dari 0,05. Ini menunjukkan
adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara siswa di kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, skor N-Gain di kelas eksperimen
mencapai 0,52 yang tergolong kategori sedang, sementara kelas kontrol
memperoleh N-Gain 0,42 yang juga termasuk kategori sedang. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
pada materi Ekologi dan Pelestarian Lingkungan efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Tidak tersedia versi lain