PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RIAS BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

ANIMAH DWI RAHMADANI - Nama Orang;

Era globalisasi dan peralihan revolusi industri dari 4.0 ke 5.0 telah
membawa tantangan baru dalam dunia pendidikan. Dalam pembelajaran IPA,
literasi sains sangat dibutuhkan karena dapat membuat siswa mengetahui dan
memahami konsep serta proses ilmiah yang dibutuhkan dalam menghadapi era
digital. Berdasarkan hasil tes PISA dari tahun 2000 – 2022 dan beberapa penelitian
terdahulu, siswa di Indonesia memiliki kemampuan literasi sains yang masih
tergolong rendah. Hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan di SMP Negeri 12
Magelang menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di sekolah tersebut
masih rendah sehingga perlu inovasi pembelajaran guna mengoptimalkan literasi
sains siswa. Salah satu solusi untuk menekan rendahnya angka literasi sains siswa
adalah penerapan model pembelajaran RIAS. Model RIAS akan lebih efektif jika
ditambah dengan media flashcard. Oleh sebab itu, studi ini dirancang untuk
menganalisis efektivitas dari model pembelajaran RIAS berbantuan media
flashcard untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP.
Penelitian ini adalah sebuah studi kuantitatif yang menggunakan
pendekatan quasi experimental design. Pendekatan tersebut melibatkan kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol menerapkan model
pembelajaran discovery learning. Kelompok eksperimen satu mengaplikasikan
model pembelajaran RIAS dan kelompok eksperimen dua mengaplikasikan model
pembelajaran RIAS berbantuan flashcard. Kemudian dilakukan pretest terhadap
ketiga kelompok sebagai nilai ukur awal dan dilakukan posttest sebagai bahan
untuk mengukur perubahan tingkat literasi sains.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA RAH P 2025
73-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAH P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XVI;244 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?