Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RIAS BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA
Era globalisasi dan peralihan revolusi industri dari 4.0 ke 5.0 telah
membawa tantangan baru dalam dunia pendidikan. Dalam pembelajaran IPA,
literasi sains sangat dibutuhkan karena dapat membuat siswa mengetahui dan
memahami konsep serta proses ilmiah yang dibutuhkan dalam menghadapi era
digital. Berdasarkan hasil tes PISA dari tahun 2000 – 2022 dan beberapa penelitian
terdahulu, siswa di Indonesia memiliki kemampuan literasi sains yang masih
tergolong rendah. Hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan di SMP Negeri 12
Magelang menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di sekolah tersebut
masih rendah sehingga perlu inovasi pembelajaran guna mengoptimalkan literasi
sains siswa. Salah satu solusi untuk menekan rendahnya angka literasi sains siswa
adalah penerapan model pembelajaran RIAS. Model RIAS akan lebih efektif jika
ditambah dengan media flashcard. Oleh sebab itu, studi ini dirancang untuk
menganalisis efektivitas dari model pembelajaran RIAS berbantuan media
flashcard untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP.
Penelitian ini adalah sebuah studi kuantitatif yang menggunakan
pendekatan quasi experimental design. Pendekatan tersebut melibatkan kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol menerapkan model
pembelajaran discovery learning. Kelompok eksperimen satu mengaplikasikan
model pembelajaran RIAS dan kelompok eksperimen dua mengaplikasikan model
pembelajaran RIAS berbantuan flashcard. Kemudian dilakukan pretest terhadap
ketiga kelompok sebagai nilai ukur awal dan dilakukan posttest sebagai bahan
untuk mengukur perubahan tingkat literasi sains.
Tidak tersedia versi lain