PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 12 MAGELANG

UMMU HABIBAH - Nama Orang;

Keterampilan 4C merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan, termasuk berpikir kreatif. Berpikir kreatif sangat esensial bagi siswa agar mampu belajar cara menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Namun, data Global Creativity Index serta PISA menyatakan bahwa keterampilan berpikir kreatif di Indonesia masih rendah. Selain itu, hasil tes awal di SMP Negeri 12 Magelang menunjukkan keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA. Desain penelitian kuantitatif dengan teknik quasi experimental dengan desain non-equivalent control group digunakan pada penelitian ini. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 12 Magelang, kelas IX E dan IX F merupakan sampel yang menerapkan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U pada nilai pretest sebesar 0,397 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil uji Independent Sample T-Test pada nilai posttest, nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji N-Gain menunjukkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata sebesar 0,47 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Hasil dari kedua kelas memiliki kategori sedang, dimana kelas eksperimen unggul 0,09 dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model Creative Problem Solving (CPS) efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA HAB K 2025
72-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA HAB K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;183HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?