PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

ALYA RANA ZULFA - Nama Orang;

Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting dalam
pembelajaran IPA karena memungkinkan siswa mengintegrasikan pengetahuan
yang telah dipelajari dengan informasi baru dalam menghadapi permasalahan.
Namun, di Indonesia kemampuan ini masih tergolong rendah. Hasil observasi,
wawancara, dan analisis nilai ASAS siswa kelas VIII SMP IT Ihsanul Fikri
Mungkid menunjukkan bahwa penguasaan materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi
masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan perangkat pembelajaran
yang belum mampu mendorong siswa dalam menyelesaikan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, keefektifan, dan
kepraktisan LKPD berbasis STEM pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi
dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. LKPD dikembangkan
agar siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dengan pendekatan
STEM yang relevan dengan kehidupan nyata.
Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
model ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, dan
evaluation. Penelitian ini melibatkan lima orang validator yang terdiri atas dosen
dan guru IPA, serta 31 siswa kelas VIII H yang dipilih melalui teknik cluster
random sampling. Instrumen yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk
mengetahui peningkatan yang terjadi pada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM dinyatakan valid
dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,86 dengan kategori valid tinggi. Keefektifan
LKPD dinilai menggunakan nilai pretest dan posttest, dengan hasil uji Wilcoxon
menunjukkan signifikasi 0,000, serta uji N-Gain sebesar 0,72 dalam kategori tinggi
yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah
siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis STEM. Kepraktisan
dinilai melalui angket respon siswa dengan hasil presentase sebesar 86% dan
dikategorikan sangat praktis.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA ZUL P 2025
88-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZUL P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;274 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?