Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Kualitas pembelajaran di sekolah masih menghadapi tantangan, terutama terkait keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa yang belum optimal. Observasi di MTs Negeri 2 Kota Magelang menunjukkan bahwa nilai ulangan harian siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) dan interaksi kelompok belum menunjukkan kerja sama yang efektif. Media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku paket dan LKS yang dianggap kurang menarik dan tidak mampu mendorong interaksi siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku berbasis model Learning Cycle 5E guna meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Model Learning Cycle 5E terdiri dari lima tahapan yang dipilih karena dapat mendorong keterlibatan aktif siswa, kerja sama dalam kelompok, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Buku saku dipilih karena praktis, mudah dibawa, dan mampu memuat aktivitas pembelajaran yang sistematis sesuai tahapan Learning Cycle 5E. Penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Validasi dilakukan oleh lima ahli. Uji coba efektivitas menggunakan desain one group pretest-posttest dengan purposive sampling pada 30 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar, lembar observasi kolaborasi, penilaian diri, dan angket kepraktisan siswa. Hasil menunjukkan buku saku valid dengan skor Aiken’s V ahli materi sebesar 0,83 dan ahli media sebesar 0,82. Uji keefekifan yaitu Uji-t menunjukkan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Uji NGain yaitu Skor N-Gain untuk keterampilan kolaborasi sebesar 0,37 dan hasil belajar kognitif sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Selain itu, data observasi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi siswa selama tiga pertemuan. Uji kepraktisan siswa mencapai rata-rata 84%. Kesimpulan penelitian ini, buku saku berbasis Learning Cycle 5E layak digunakan, efektif, dan praktis dalam mendukung pembelajaran kolaboratif dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa.
Tidak tersedia versi lain