Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya keterampilan berpikir kritis dan
penguasaan konsep sebagai fondasi dalam memahami materi IPA secara mendalam.
Namun, hasil asesmen nasional dan studi lapangan di SMP Negeri 5 Magelang
menunjukkan bahwa kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Hal ini
disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran direct instruction yang belum
mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa dan kurang melibatkan mereka secara aktif.
Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas
model problem-based learning (PBL) dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL)
dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen
tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII di
SMP Negeri 5 Magelang, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen
mendapatkan perlakuan berupa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL,
sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran menggunakan model direct instruction.
Kedua kelas diberi pretest dan posttest untuk mengukur penguasaan konsep dan
keterampilan berpikir kritis, kemudian data dianalisis menggunakan uji independent
sample t-test, uji n-gain, dan uji korelasi Pearson.
Tidak tersedia versi lain