PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

ANNISA PUTRI WRISABA - Nama Orang;

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya keterampilan berpikir kritis dan
penguasaan konsep sebagai fondasi dalam memahami materi IPA secara mendalam.
Namun, hasil asesmen nasional dan studi lapangan di SMP Negeri 5 Magelang
menunjukkan bahwa kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Hal ini
disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran direct instruction yang belum
mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa dan kurang melibatkan mereka secara aktif.
Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas
model problem-based learning (PBL) dengan pendekatan teaching at the right level (TaRL)
dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen
tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VIII di
SMP Negeri 5 Magelang, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen
mendapatkan perlakuan berupa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL,
sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran menggunakan model direct instruction.
Kedua kelas diberi pretest dan posttest untuk mengukur penguasaan konsep dan
keterampilan berpikir kritis, kemudian data dianalisis menggunakan uji independent
sample t-test, uji n-gain, dan uji korelasi Pearson.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi IPA WRI E 2025
87-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WRI E 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XIV;227 HLM; 29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?