Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Abad 21 ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan abad 21 salah satunya adalah literasi sains. Hasil PISA menunjukkan bahwa literasi sains di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran konvensional yang minim melibatkan siswa secara aktif dan kurang penerapan praktikum dalam pembelajaran sains. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian dilakukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dengan metode praktikum literasi sains siswa SMP. Pada penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dimana subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tenjolaya dengan kelas eksperimen menggunakan kelas VIII 2 dan kelas kontrol menggunakan kelas VIII 8. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi sains yang mencangkup 3 indikator literasi sains dengan uji data berupa uji normalitas, homogenitas, uji T dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe learning together dengan metode praktikum mampu meingkatkan literasi sains siswa SMP dibandingkan dengan pembelajaran secara direct instruction. Rata-rata yang diperoleh dari hasil n gain untuk kelas eksperimen menunjukkan nilai 0,498 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,3808
Tidak tersedia versi lain