PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION (ICARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA SMP

FILDA KHOIRUN NIKMAH - Nama Orang;

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan yang sangat penting dan dibutuhkan di abad ke-21. Namun, faktanya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini diperkuat oleh hasil wawancara dengan guru dan hasil tes awal di SMP N 2 Mertoyudan yang menunjukkan bahwa ratarata kemampuan siswa masih berada pada level kognitif C1 hingga C4. Akan tetapi, untuk level kognitif C4 hanya sebagian siswa yang dapat menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan melibatkan dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Penelitian dilakukan di kelas VII SMP N 2 Mertoyudan, dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Instrumen penelitian berupa 8 butir soal uraian untuk pretest dan posttest yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemampuan berikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test, terdapat perbedaan yang jelas pada nilai posttest kedua kelas dengan nilai signifikansi 0,000. Selain itu, nilai rerata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah 0,56 sementara kelas kontrol hanya 0,31. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA NIK K 2025
85-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NIK K 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;213HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?