Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN WE-ARe BERBASIS SSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Literasi sains merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21 dan menjadi fokus pengembangan agar siswa dapat efektif dalam menerapkan konsep sains. Kemampuan literasi sains diperlukan agar siswa mampu berkontribusi dalam masyarakat yang semakin kompleks dan berorientasi pada sains. Namun kemampuan literasi sains masih dibawah rata-rata dan tergolong pada tingkat rendah dibuktikan oleh skor PISA 2022 serta hasil tes literasi sains di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor seperti pemilihan model atau metode pembelajaran, bahan ajar, minat siswa dalam membaca, dan kurangnya eksplor siswa. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan literasi sains, salah satunya dengan menggunakan model WE-ARe berbasis SSI. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran WE-ARe berbasis SSI dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini berdesain quasi-experiment nonequivalent control group dengan melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan, yaitu kelas VII C sebagai eksperimen dan VII B sebagai kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui nilai pretest dan posttest berjumlah 6 soal pilihan uraian yang telah valid dan reliabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil uji Independent Samples T-Test memperoleh nilai signifikansi 0,002 (
Tidak tersedia versi lain