PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN TRACKER VIDEO ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK

FANISA MUFATHONAH - Nama Orang;

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa dalam mengadapi tantangan abad 21. Keterampilan berpikir kritis memiliki peran sebagai landasan untuk mengembangkan keterampilan lainnya yang dibutuhkan pada abad 21 ini. Namun demikian, hasil dari sejumlah studi sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Temuan awal pada studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Ngadirejo juga memperlihatkan hal serupa. Salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Integrasi teknologi ke dalam proses pembelajaran juga dinilai efektif dalam menunjang peningkatan keterampilan berpikir kritis, salah satunya melalui pemanfaatan perangkat lunak Tracker Video Analysis. Aplikasi ini memungkinkan visualisasi nyata terhadap konsep fisika, khususnya fenomena gerak, serta menyajikan data dalam bentuk grafik, tabel, dan persamaan matematis secara akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan tracker video analysis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi gerak. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif quasy experimental dengan desain non-equivalent control group. Dari hasil uji analisis, didapatkan nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dan kelas kontrol sebesar 0,18. Hal tersebut menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen yang menerapkan model inkuiri terbimbing berbantuan tracker video analysis lebih tinggi. Uji hipotesis dilakukan terhadap data N-gain menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Seluruh indikator keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dengan bantuan Tracker Video Analysis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) IPA MUF P 2025
81-UN57.U1-SI-VIII-2025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MUF P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;235HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?