Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE IPHONE DI PROVINSI JAWA TENGAH
ABSTRAK
Penggunaan smartphone kini semakin meningkat di Indonesia, termasuk Jawa Tengah. Hal ini menunjukan tingginya permintaan terhadap produk tersebut. Dengan tingginya permintaan ini, persaingan antar perusahaan juga semakin ketat. Salah satu merek yang cukup diminati yaitu merek iPhone dari Apple Inc. Meskipun sempat mencatat pendapatan yang tinggi, penjualan iPhone mengalami fluktuasi terutama pada penurunan yang terjadi di tahun 2023. Hal ini menunjukan pentingnya memahami faktor yang menjadi pengaruh konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk, brand image dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk smartphone iPhone di Provinsi Jawa Tengah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dan di uji menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel kualitas, brand image dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai r hitung > nilai r tabel yaitu 3.281 untuk X1, 3.392 untuk X2 dan 3.970 untuk X3 sedangkan nilai r tabel adalah 1,984. Selain itu nilai signifikansi menunjukan nilai < 0,05 yaitu 0,001 untuk X1 dan X2 serta 0,000 untuk X3. Uji simultan juga menunjukan bahwa secara bersamasama variabel X1,X2,X3 dalam penelitian ini berpengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi kenaikan pada kualitas produk, brand image dan gaya hidup maka akan meningkatkan keputusan pembelian produk iPhone oleh konsumen di Jawa Tengah
Kata kunci : kualitas produk, brand image, gaya hidup, keputusan pembelian, smartphone
Tidak tersedia versi lain