Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN METODE BRAINSTORMING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Penelitian ini didasari pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang inovatif
dalam implementasi kurikulum merdeka sebagai alternatif dari metode konvensional yang
masih dominan digunakan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran konvensional
seperti ceramah tanpa berbantuan media memengaruhi kemampuan menulis peserta didik
rendah dalam penulisan teks pidato. Hal ini disebabkan peserta didik kesulitan menulis ide
dan gagasan dalam bentuk tulisan dan metode konvensional kurang menarik perhatian serta
partisipasi aktif peserta didik. Oleh karena itu, metode brainstorming berbantuan media
flashcard menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) membuktikan ada atau tidaknya perbedaan hasil pembelajaran menulis teks
pidato antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode brainstorming
berbantuan media flashcard dengan peserta didik yang tidak diajar dengan metode
brainstorming berbantuan media flashcard pada kelas VIII di SMP Negeri 3 Secang, (2)
membuktikan penggunaan metode brainstorming berbantuan media flashcard efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis teks pidato peserta didik kelas VIII di SMP Negeri
3 Secang.
Tidak tersedia versi lain