PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI TEKS BERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 13 MAGELANG

YAFIKA ARIBAH - Nama Orang;

Latar belakang penelitia ini melihat dari rendahnya keterampilan menulis teks
berita yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Menulis sering dianggap
sulit oleh peserta didik karena memerlukan pemahaman dan kreativitas. Dengan
demikian, diperlukan penerapan model pembelajaran yang efektif dan inovatif
sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.
Salah satu pendekatan yang meilbatkan peserta didik secara aktif melalui
kolaboratif dan proyek nyata dengan menggunakan model pembelajaran PjBL.
Model pembelajaran PjBL peserta didik terlibat secara langsung dalam proses
pengumpulan informasi, pengolahan data, serta penulisan teks berita. Dengan
model PjBL mampu mendorong peserta didik untuk lebih mandiri, kreatif, dan
bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
PjBL dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP
Negeri 13 Magelang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain
quasi experiment, yaitu non-equivalent control group design. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Populasi sebanyak 242 peserta didik dan sampel sebanyak 61 peserta didik dengan
menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Sampel dalm penelitian ini diambil
dengan teknik cluster sampling. Analisis data yang digunakan uji statistik deskriptif
dan uji statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA ARI P 2025
77-UN57.U1-SIN-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA ARI P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
XV;131 HLML29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?