Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI TEKS BERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 13 MAGELANG
Latar belakang penelitia ini melihat dari rendahnya keterampilan menulis teks
berita yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Menulis sering dianggap
sulit oleh peserta didik karena memerlukan pemahaman dan kreativitas. Dengan
demikian, diperlukan penerapan model pembelajaran yang efektif dan inovatif
sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.
Salah satu pendekatan yang meilbatkan peserta didik secara aktif melalui
kolaboratif dan proyek nyata dengan menggunakan model pembelajaran PjBL.
Model pembelajaran PjBL peserta didik terlibat secara langsung dalam proses
pengumpulan informasi, pengolahan data, serta penulisan teks berita. Dengan
model PjBL mampu mendorong peserta didik untuk lebih mandiri, kreatif, dan
bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
PjBL dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII di SMP
Negeri 13 Magelang. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain
quasi experiment, yaitu non-equivalent control group design. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Populasi sebanyak 242 peserta didik dan sampel sebanyak 61 peserta didik dengan
menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Sampel dalm penelitian ini diambil
dengan teknik cluster sampling. Analisis data yang digunakan uji statistik deskriptif
dan uji statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Tidak tersedia versi lain