Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAGELANG
Keterampilan menyimak dan motivasi belajar masih menjadi permasalahan yang
signifikan dalam pendidikan. Kurangnya konsentrasi dan minat untuk terlibat
dengan materi yang disampaikan menjadi penyebab rendahnya keterampilan
menyimak dan motivasi belajar siswa. Selain itu, lingkungan belajar yang tidak
kondusif, penerapan media pembelajaran yang monoton semakin memperburuk
masalah ini. Dibutuhkan inovasi penerapan media pembelajaran yang mampu
mendorong keterlibatan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran di kelas. Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah
penerapan gamifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran
gamifikasi terhadap keterampilan menyimak, (2) mengetahui pengaruh media
pembelajaran gamifikasi terhadap motivasi belajar, dan (3) mengetahui pengaruh
signifikan media pembelajaran gamifikasi terhadap keterampilan menyimak dan
motivasi belajar. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental bentuk
Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Magelang. Pengambilan sampel melalui teknik
purposive sampling, kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai
kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes (pretest-posttest) dan non
tes (angket).
Tidak tersedia versi lain