Text
SKRIPSI ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 MAGELANG
Permasalahan kesalahan berbahasa tulis masih sering dijumpai dalam
pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat SMP. Permasalahan tersebut, siswa
masih merasakan kesulitan dalam menangkap struktur penulisan teks deskripsi,
yang mencakup identifikasi, deskripsi bagian, serta kesimpulan. Ketidakpahaman
ini menyebabkan siswa kurang mampu menyusun teks secara runtut dan logis.
Selain itu, permasalahan lain yang turut memengaruhi kualitas teks deskripsi siswa
adalah kesalahan dalam penggunaan ejaan, diksi, imbuhan, serta struktur kalimat.
Fenomena ini menunjukkan bahwa rendahnya pemahaman siswa terhadap kaidah
ejaan yang berlaku.
Tujuan dari penelitian ini guna menemukan serta mendeskripsikan bentuk
bentuk kesalahan ejaan yang dilakukan oleh siswa. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan ejaan yang paling dominan, sehingga
dapat menjadi masukan dalam perbaikan pembelajaran menulis di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Data dalam penelitian ini berupa karangan hasil tulisan siswa kelas VII yang
dikumpulkan melalui tugas menulis teks deskripsi di kelas. Teknik dokumentasi
digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan
model interaktif dari Miles dan Huberman. Data dianalisis berdasarkan Ejaan Yang
Disempurnakan (EYD) edisi V dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Tidak tersedia versi lain