PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MENULIS TEKS PIDATO DI SMP NEGERI 13 MAGELANG

NUR VITA AMIYATI - Nama Orang;

Materi menulis teks pidato merupakan salah satu kompetensi penting dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap. Materi ini tidak hanya
menekankan aspek kebahasaan, tetapi juga mendorong pengembangan
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif, yang keduanya sangat relevan
dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Namun, berdasarkan hasil observasi di
kelas, masih ditemukan siswa yang pasif dalam kegiatan kelompok, sehingga hasil
belajar belum optimal. Model Teams Games Tournament (TGT) dapat menjadi
solusi karena menggabungkan kerja tim, permainan edukatif, dan kompetisi sehat
guna mewujudkan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan
model pembelajaran TGT serta untuk melihat pengaruh model TGT untuk
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Magelang pada materi teks pidato. Metode yang digunakan adalah kuantitatif
dengan desain eksperimen. Sampel mencakup 64 siswa, dibagi menjadi kelas
eksperimen (menggunakan TGT) dan kelas kontrol (dengan model konvensional).
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa keterampilan kolaborasi dan hasil belajar
siswa kelas eksperimen dan kontrol pada pretest memiliki kemampuan awal yang
setara. Sementara rata-rata posttest keterampilan kolaborasi di kelas eksperimen
adalah 85,66, lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 78,53. Rata-rata hasil belajar
kognitif juga lebih unggul pada kelas eksperimen yaitu 25,09, daripada kelas
kontrol sebesar 19,91. Uji independent sample t-test mengindikasikan perbedaan
yang signifikan antara kedua kelas (kolaborasi sig. 0,000 kognitif sig. 0,000).
Artinya, model TGT efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil
belajar kognitif siswa.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi INDONESIA AMI P 2025
83-UN57.U1-SIN-VIII-2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA AMI P 2025
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2025
Deskripsi Fisik
IX;157 HLM;29,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?