Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI MENULIS TEKS PIDATO DI SMP NEGERI 13 MAGELANG
Materi menulis teks pidato merupakan salah satu kompetensi penting dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap. Materi ini tidak hanya
menekankan aspek kebahasaan, tetapi juga mendorong pengembangan
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif, yang keduanya sangat relevan
dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Namun, berdasarkan hasil observasi di
kelas, masih ditemukan siswa yang pasif dalam kegiatan kelompok, sehingga hasil
belajar belum optimal. Model Teams Games Tournament (TGT) dapat menjadi
solusi karena menggabungkan kerja tim, permainan edukatif, dan kompetisi sehat
guna mewujudkan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan
model pembelajaran TGT serta untuk melihat pengaruh model TGT untuk
keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 13
Magelang pada materi teks pidato. Metode yang digunakan adalah kuantitatif
dengan desain eksperimen. Sampel mencakup 64 siswa, dibagi menjadi kelas
eksperimen (menggunakan TGT) dan kelas kontrol (dengan model konvensional).
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa keterampilan kolaborasi dan hasil belajar
siswa kelas eksperimen dan kontrol pada pretest memiliki kemampuan awal yang
setara. Sementara rata-rata posttest keterampilan kolaborasi di kelas eksperimen
adalah 85,66, lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 78,53. Rata-rata hasil belajar
kognitif juga lebih unggul pada kelas eksperimen yaitu 25,09, daripada kelas
kontrol sebesar 19,91. Uji independent sample t-test mengindikasikan perbedaan
yang signifikan antara kedua kelas (kolaborasi sig. 0,000 kognitif sig. 0,000).
Artinya, model TGT efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil
belajar kognitif siswa.
Tidak tersedia versi lain