Text
SKRIPSI LEVERAGE, LIKUIDITAS, NILAI PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
ABSTRAK
Nilai perusahaan mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat berdampak pada persepsi investor terkait keberhasilan perusahaan. Nilai perusahaan yang dilihat dari Price Book Value cenderung mengalami penurunan pada sektor makanan dan minuman periode 2018-2023. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk leverage, likuiditas, dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel berdasarkan kriteria tertentu, terdapat 43 perusahaan dimasukkan dalam sampel dan diperoleh sebanyak 258 data observasi. Penelitian ini menggunakan data panel dengan teknik analisis regresi linier berganda dan uji sobel. Hasil penelitian memberikan bukti bahwa leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023. Namun, likuiditas terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023. Temuan lain menunjukkan bahwa profitabilitas mampu memediasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023. Leverage, likuiditas, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2023.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas
Tidak tersedia versi lain