Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN BRT TRANS JATENG RUTE PURWOREJO – MAGELANG DENGAN METODE SERVQUAL DAN TRIZ
Transportasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat, baik dalam hal mobilitas,
perekonomian, sosial masyarakat, dan lain sebagainya. Pengoperasian BRT Trans Jateng
bertujuan untuk mendukung pariwisata kawasan Candi Borobudur sekaligus
mempermudah mobilitas masyarakat antar Kabupaten Purworejo dan Kabupaten
Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja operasional, tingkat
kepuasan pengguna terhadap pelayanan dan memberikan solusi dari permasalahan yang
ada pada pelayanan BRT Trans Jateng Purworejo-Magelang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif.
Analisis dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor
SK.687/AJ.206/DRJD/2002, metode Service Quality (Servqual) untuk menganalisis
tingkat kepuasan pengguna jasa dan metode Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch
(TRIZ) untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada.
Berdasarkan hasil analisis operasional dan kualitas pelayanan BRT Trans Jateng rute
Purworejo-Magelang, ditemukan bahwa hanya kecepatan perjalanan saja yang memenuhi
standar SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Untuk indikator faktor muat, waktu antara, dan waktu
sirkulasi belum memenuhi standar SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dan pengguna merasa tidak
puas dengan pelayanan yang ada. Hal ini ditunjukkan oleh skor Servqual sebesar -0,91.
Berdasarkan analisis TRIZ menghasilkan 11 prinsip perbaikan dengan "Parameter changes
(Transformasi)" menjadi yang paling dominan. Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa
usulan perbaikan yang diberikan meliputi penyediaan tempat tunggu dan tempat sampah di
halte yang lebih baik, peningkatan kedisiplinan pramujasa, penambahan panjang rute,
bekerjasama dengan angkutan kota sebagai feeder, serta penyampaian informasi dan
penandaan kursi prioritas untuk disabilitas.
Tidak tersedia versi lain