Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA STRUKTUR PADA JEMBATAN KALIKANGKUNG TERHADAP BEBAN GEMPA MENURUT SNI 2833 : 2016 DAN FEMA 440 ( STUDI KASUS : PROYEK JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA – NYIA KULON PROGO SEKSI 2 PAKET 2.2 )
Gempa yang sering sekali terjadi di wilayah Indonesia menjadi sebuah ancaman serius bagi
bangunan, terutama bangunan transportasi sebagai akses mobilitas utama. Akses mobilitas yang
cukup beresiko terhadap gempa yang sering melanda salah satunya jembatan. Analisis dengan
berbagai metode telah dikembangkan. Dengan demikian analisis beban gempa dan meninjau
kekuatan dari sebuah jembatan adalah keharusan untuk melihat standar yang berlaku dan bagaimana
kemampuan maksimal dari strukturnya.
Penelitian ini menganalisis terhadap Jembatan Kalikangkung yang berada di daerah
Kabupaten Sleman yang ditinjau terhadap SNI 2833: 2016 dan FEMA 440. Analisis yang pada
jembatan terdiri dari dua analisis bertahap yakni analisis linier dengan metode respon spektrum dan
analisis non-linier dengan metode pushover analysis. Metode pushover merupakan analisis yang
memberi gambaran bagian jembatan yang mengalami sendi plastis secara bertahap sehingga dapat
merepresentasikan keruntuhan pada jembatan sesungguhnya. SNI 1725: 2016, SNI 2833: 2016 dan
FEMA 440 menjadi acuan pada penerapan di aplikasi.
Tidak tersedia versi lain