Text
SKRIPSI PENGARUH E-RECRUITMENT, REPUTASI PERUSAHAAN, DAN KOMPENSASI TERHADAP INTENSI MELAMAR KERJA GENERASI Z DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Berdasarkan data pencari kerja periode 2021- 2024 yang diklasifikasikan meurut kelompok usia generasi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang, diketahui bahwa mayoritas pencari kerja berasal dari kelompok generasi Z. Generasi Z merupakan kelompok penduduk yang lahir diantara tahun 1997 – 2012 yang memiliki kontribusi terbesar terhadap penggunaan internet di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan E-recruitment, reputasi perusahaan, dan kompensasi terhadap intensi melamar kerja generasi Z di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan populasi penduduk dengan usia 20-27 tahun generasi Z di Kota Magelang. Sempel yang diambil sejumlah 160 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini memberikan kesan penting bagi perusahaan di Kota Magelang, khususnya dalam menarik minat generasi Z untuk melamar kerja. Kesimpulan bahwa e-recruitment, reputasi perusahaan, dan kompensasi secara simultan berpengaruh terhadap intensi melamar kerja yang berarti perusahaan perlu beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk mempertahankan relevansi dan citra positif perusahaan. Secara parsial variabel E-recruitment dan reputasi perusahaan berpengaruh positif terhadap intensi melamar kerja. Sedangkan variabel kompensasi tidak berpengaruh terhadap intensi melamar kerja.
Kata Kunci : E-recruitment, Reputasi Perusahaan, Kompensasi, Intensi Melamar Kerja
Tidak tersedia versi lain